Wednesday, September 5, 2012

REVERSE TRANSCRIPTION


Reverse transcription dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai transkripsi balik. Yang dimaksud dengan transkripsi balik adalah membuat suatu DNA (asam deoksiribosa) dari RNA (asam ribose). Pada umumnya proses transkripsi adalah membuat sintesis RNA dari DNA. Namun transkripsi balik ini adalah kebalikan dari transkripsi yaitu mensintesis DNA dari RNA.
            Transkripsi balik ini ditemukan oleh Howard Temin dan David Baltimore dari Universitas Wisconsin-Madison. Baerkat temuan tersebut mereka mendapat penghargan Nobel dalam bidang Physiologi dan kedokteran dan Renato Dulbecco.
            Secara singkat proses transkripsi balik ini adalah sebagai berikut.
Setelah RNA retrovirus masuk ke dalam sel, maka genom dari sel RNA tersebut akan di transkripsi menjadi double helix DNA. Hingga akhirnya masuk ke dalam DNA inang dan selanjutnya beritegrasi dengan DNA inang.
. Proses transkripsi balik ini dikatalisasi oleh reverse transcriptase yang mengandung DNA polymerase dan RNase H. Reverse transcriptase disebut juga RNA-dependent DNA polymerase, adalah sebuah enzim DNA polymerase yang mentranskripsi single strand RNA menjadi double stand DNA. Mekanisme dari transkripsi balik ini adalah sebagai berikut:
1.      Retrokvirus khususnya sel t-RNA dengan daerah komplementer yang biasa disebut primer-binding site (PBS)
2.      Bagian dari DNA diperpanjang dari bagian RNA
3.      Rangkaian R dan U5 dari retrokvirus  dipindahkan melalui bantuan RNase H.
4.      Pada tahap ini terjadi lompatan pertama. Dari rangkaian 5’ pindah ke 3’. Sehingga rangkaian R  pada retrokvirus di 3’ akhir berhubungan dengan rangkaian R pada DNA sintesis.
5.      Strand DNA diperpanjang dari 3’ terakhir dan terbentuk PBS pada DNA.
6.      RNA retrokvirus dipindahkan oleh RNase H.
7.      DNA kedua dibentuk dari RNA retrokvirus
8.      t-RNA dan RNA retrokvirus dipindahkan oleh RNase
9.      Terjadi loncatan kedua. Pada loncatan kedua ini akan mengakibatkan bagian dari PBS pada strand DNA hybrid dan daerah PBS pada strand DNA pertama bersatu atau berdekatan.
10.  Kedua daerah diperpanjang hingga terbentuk retrokviral virus.

No comments:

Post a Comment